SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEMAMPUAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING

WIRATAMI RAUDYA

Abstrak


ABSTRAK

Wiratami, Raudya. 2019. Pengaruh Kemampuan Pengantar Akuntansi dan Kemampuan Bahasa Inggris terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderating. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci : Kemampuan Pengantar Akuntansi, Kemampuan Bahasa Inggris, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh positif signifikan antara kemampuan Pengantar Akuntansi dan kemampuan Bahasa Inggris terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bahwa variabel motivasi belajar memperkuat pengaruh kemampuan Pengantar Akuntansi terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi, dan memperkuat pengaruh kemampuan Bahasa Inggris terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi, serta menjelaskan pengaruh positif signfikan motivasi belajar terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 dengan jumlah sampel 112 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuisioner. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS 25. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji MRA.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa:

(1) kemampuan Pengantar Akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi sebesar 4,6%;

(2) kemampuan Bahasa Inggris berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi sebesar 13%;

(3) motivasi belajar memperkuat pengaruh kemampuan Pengantar Akuntansi terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi sebesar 10,5%;

(4) motivasi belajar memperkuat pengaruh kemampuan Bahasa Inggris terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi sebesar 8,1%;

(5) motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi sebesar 5,6%.