SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS DAN AGREEABLENESS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN LANJUT DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK SEBAGAI VARIABEL MODERATING

YANTI SINTIA NOVA

Abstrak


ABSTRAK

Yanti, Sintia Nova 2019. Pengaruh Kepribadian Conscientiousness dan Agreeableness terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Lanjut dengan Gaya Belajar Kinestetik sebagai Variabel Moderat. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak

Kata Kunci: Kepribadian Conscientiousness, Agreeableness, Gaya Belajar Kinestetik, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Lanjut

Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah kepribadian. Kepribadian merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dalam meraih prestasi belajar karena akan membentuk perilaku atau kebiasaan individu dalam belajar. Selain kepribadian, gaya belajar juga menjadi faktor yang mempengaruhi prestasi belajar karena berkaitan dengan bagaimana individu menentukan strategi agar mudah dalam memahami apa yang dipelajari.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh positif signifikan antara kepribadian conscientiousness, agreeableness dan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bahwa variabel gaya belajar kinestetik memperkuat pengaruh kepribadian conscientiousness terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan lanjut, dan memperkuat pengaruh kepribadian agreeableness terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 106 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS 25. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji MRA

Hasil analisis data dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa:

1) kepribadian conscientiousness berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut sebesar 50,1%;

2) kepribadian agreeableness berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut sebesar 42,7%;

3) gaya belajar kinestetik memperkuat pengaruh kepribadian conscientiousness terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut sebesar 57,3%;

4) gaya belajar kinestetik memperkuat pengaruh kepribadian agreeableness terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut sebesar 53,9%;

 

5) gaya belajar kinestetik berpengrauh positif signifikan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut sebesar 35,0%.