SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan di Universitas Negeri Malang

LARASATI AFRILIA

Abstrak


ABSTRAK

Larasati, Afrilia. 2018. Analisis Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan (PPG) Di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M

Kata Kunci: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan suatu bangsa. Salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan adalah ketersediaan tenaga pendidik atau guru. Sebagai elemen yang penting dalam dunia pendidikan, profesionalitas guru dalam proses pembelajaran, pengajaran, dan pendidikan memiliki arti penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Akan tetapi, ketersediaan guru profesional di Indonesia masih menjadi sebuah permasalahan sampai saat ini. Jumlah kekurangan guru profesional akan menjadi masalah apabila tidak segera diselesaikan.

Kebijakan dan program strategis khusus guru sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas guru sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Kebijakan program pendidikan profesi guru prajabatan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan guru profesional agar permasalahan ketersediaan guru dapat segera teratasi. Kebijakan pemerintah yang mengatur tentang Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan praktisi pendidikan dikarenakan sarjana Non Kependidikan dapat menempuh program ini. Dikhawatirkan kompetensi yang dihasilkan tidak dapat setara karena berasal dari dua input yang berbeda.

Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi untuk untuk memahami kegiatan Program PPG Pra Jabatan dalam menciptakan guru menurut pengalaman di lapangan dan persepsi subyek penelitian. Data yang diperoleh peneliti berasal dari wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 2 informan akademisi dan 4 informan pepesertaprogram PPG. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Negeri Malang.

Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan adalah meskipun masih ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan pedoman umum pelaksanaan, akademisi mempersepsikan bahwa program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan yang telah terselenggara ini dapat menciptakan calon guru profesional yang memiliki kompetensi yang setara baik kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesinal meskipun terdapat 2 (dua) input peserta yang berbeda lulusan. Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dinilai dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional peserta.