SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, EFIKASI DIRI, DAN PERILAKUBELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI SMKNEGERI 1 BOYOLANGU

Achmad Farid Dedyansyah

Abstrak


Hasil belajar merupakan output dari sebuah proses belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kecerdasan spiritual, efikasi diri, dan perilaku belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual, efikasi diri, dan perilaku belajar peserta didik program full day school terhadap hasil belajar Akuntansi di SMK Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda.Metode dalam pengumpulan data ini menggunakan angket dan dokumentasi. Responden penelitian ini terdiri dari kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu. Jumlah populasi 159 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 114 responden. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda yaituY=13,373+0,279X1+0,428X2+0,371X3                

 Koefisen regresi tersebut bernilai positif artinya variabel kecerdasan spiritual, efikasi diri dan perilaku belajar peserta didik program full day school berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini berarti semakin tinggi kecerdasan spiritual, efikasi diri dan perilaku belajar mengakibatkan semakin tinggi hasil belajar peserta didik.Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan untuk menambah variabel lain yang digunakan untuk mengukur hasil belajar.