SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Model Pelatihan Partisipatif (Participatory Training Model) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Kraksaan Probolinggo

Nunung Nurniswati,

Abstrak


ABSTRAK

 

 

 

Nurniswati, Nunung. 2010. Pengaruh Pembelajaran Model Pelatihan Partisipatif (Participatory Training Model) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Kraksaan Probolinggo. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) DR. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M. Ak dan (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

 

 

Kata kunci : Pembelajaran Model Pelatihan Partisipatif, Prestasi Belajar

 

 

Proses belajar mengajar di kelas saat ini masih didominasi oleh metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan tanya jawab.  Dalam pembelajaran ini masih kurang mampu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa hanya berperan pasif dan cenderung kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang berorientasi pada siswa adalah Model pembelajaran Pelatihan Partisipatif yang pada prinsipnya lebih ditekankan pada motivasi dan melibatkan siswa secara aktif dan mendorong siswa mengembangkan kreativitas belajar mereka secara optimal dan mandiri, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh  model pembelajaran pelatihan partisipatif terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo, (2) mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran pelatihan partisipatif serta (3) mengetahui aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun Ajaran 2009/2010. Penetapan sampel yang digunakan yaitu kelas I Ak 1 sebagai kelas kontrol dan kelas I Ak 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes (pretest-posttest), angket sikap siswa dan observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji Mann- Whitney U.

Kesimpulan dari penelitian ini  menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh model pembelajaran pelatihan partisipatif terhadap prestasi belajar siswa. (2) Siswa pada kelas eksperimen memiliki sikap yang positif terhadap pembelajaran model pelatihan partisipatif. (3) Siswa yang mendapatkan pembelajaran pelatihan partisipatif lebih aktif daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dari kesimpulan tersebut dapat disarankan agar model pembelajaran pelatihan partisipatif dijadikan alternatif bagi guru akuntansi atau guru bidang studi lainnya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan bagi peneliti lain dapat mengembangkan penelitian selanjutnya dengan materi pembelajaran serta variasi teknik yang lain dalam pembelajaran pelatihan partisipatif dan dapat lebih menyempurnakan lima tahapan siklus belajar dari pengalaman (experimental learning cycle ) dalam pembelajaran model pelatihan partisipatif.