SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Abnormal Return Saham Sebelum Dan Sesudahnya Peristiwa Politik (Pemilihan Kepala Daerah Serentak) 2018 (Studi Kasus Terhadap Saham Perusahaan di Jakarta Islamic Index 70)

Mohammad Syahrul Nur Arsyfi

Abstrak


Pemilihan kepala daerah serentak 2018 merupakan salah satu peristiwa politik yang memiliki pengaruh yang luas dan berdampak pada setiap aspek kehidupan masyarakat. Dampak adanya peristiwa ini diduga terjadi pada pasar modal yang terlihat dari perbedaan abnormal return saham. Penelitian ini menggunakan metode event study yang bertujuan untuk menemukan bukti empiris ada atau tidak reaksi pasar modal di Indonesia terhadap salah satu peristiwa politik dalam negeri yaitu Pemilihan kepala daerah serentak 2018 dengan menggunakan proksi perbedaan abnormal return saham.

Sampel pada penelitian ini menggunakan jenis sampel jenuh (full sampling). Sampel jenuh merupakan jenis sampel yang menggunakan semua populasi penelitian. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa harga saham harian dan indeks harga Jakarta Islamic index 70 harian selama periode sehari sebelum dan sesudah peristiwa dengan menggunakan metode penelitian event study.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan abnormal return yang cukup signifikan sebelum dan sesudah peristiwa pemilihan kepala daerah serentak 2018. Abnormal return terbentuk signifikan negatif lebih banyak setelah peristiwa terjadi. Tiga faktor yang mempengaruhi hasil tersebut diantaranya faktor politik, perilaku investor dan kinerja perusahaan. Berdasarkan penelitian ini, peristiwa politik seperti pemilihan kepala daerah serentak dapat menciptakan perbedaan abnormal return yang cukupsignifikan.