SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh faktor intern dan faktor ekstern kesulitan belajar akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi di SMK Widya Dharma Turen

Indah Wati

Abstrak


ABSTRAK

Wati, Indah. 2010. Pengaruh Faktor Intern Kesulitan Belajar dan Faktor Ekstern Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Pembimbing: (1) Makaryanawati, SE, M.Si, Ak, (II) Satia Nur Maharani, SE, M.Si, Ak.

Kata Kunci: Faktor Intern Kesulitan Belajar, Faktor Ekstern Kesulitan Belajar,   Prestasi Belajar Akuntansi

Prestasi Belajar Akuntansi pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Widya Dharma Turen dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor intern kesulitan belajar maupun faktor ekstern kesulitan belajar. Faktor intern kesulitan belajar diantaranya aspek minat, persepsi, kebiasaan atau cara belajar, kesehatan dan Emotional Quotient (EQ) Sedangkan faktor Ekstern kesulitan belajar  diantaranya peran orang tua, peran guru dan Lingkungan Masyarakat.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel faktor intern kesulitan belajar dan faktor ekstern kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siklus akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Widya Dharma Turen yang berjumlah 130 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa angket faktor intern kesulitan belajar dan faktor ekstern kesulitan belajar dan data sekunder berupa rata-rata ulangan harian semester genap Tahun ajaran 2009/2010.

Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor intern kesulitan belajar berpengaruh negatif signifikan terhadap prestasi belajar siklus akuntansi dan faktor ekstern kesulitan belajar juga berpengaruh negatif signifikan terhadap prestasi belajar siklus akuntansi SMK Widya Dharma Turen. Sedangkan secara simultan ada pengaruh signifikan antara faktor intern kesulitan belajar dan faktor ekstern kesultian belajar terhadap prestasi belajar siklus akuntansi Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin rendah tingkat kesulitan belajar siswa akan mempermudah proses belajar siswa sehingga prestasi belajar akan meningkat. 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya diharapkan mengganti sub variabel dalam penelitian menjadi variabel sehingga dapat diketahui variabel mana yang paling dominan yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siklus akuntansi.