SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Metode Pembelajaran Sosiokanal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pencatatan Utang Jangka Pendek Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 1 UPT SMKN 1 Pasuruan

Qonitah Imroatul

Abstrak


Qonitah, Imroatul. 2019. Metode Pembelajaran Sosiokanal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pencatatan Utang Jangka Pendek Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 1 UPT SMKN 1 Pasuruan. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si, Ak.

Kata Kunci: Sosiokanal, Kemampuan Pencatatan Utang Jangka Pendek.

Berdasarkan hasil observasi di kelas XI Akuntansi 1 dan wawancara dengan guru mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMKN 1 Pasuruan, diperoleh informasi bahwa pembelajaran akuntansi hanya menggunakan metode konvensional. Hasil belajar siswa rata-rata di bawah KKM. KKM untuk mata pelajaran Akuntansi Keuangan kelas XI Akuntansi yaitu 70. Untuk itu peneliti menawarkan metode pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran sosiokanal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 di SMKN 1 Pasuruan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa: 29 perempuan dan 5 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan pencatatan utang jangka pendek dengan menggunakan metode pembelajaran sosiokanal. Pembelajaran menjadi aktif, kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif dan inovatif. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100% untuk 34 siswa. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu:

1) guru hendaknya dapat menerapkan metode pembelajaran sosiokanal melalui pemeranan bisnis transaksi utang jangka pendek pada materi pencatatan utang jangka pendek atau pada materi lain,

2) peneliti hendaknya dapat mengembangkan metode pembelajaran sosiokanal untuk di diseminasikan dan di-publish di media sosial baik media cetak maupun media elektronik untuk dunia pendidikan,

3) siswa hendaknya dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran secara aktif, kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif dengan menggunakan metode pembelajaran sosiokanal untuk materi pencatatan utang jangka pendek,

4) penerapan metode pembelajaran sosiokanal dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk diterapkan di sekolah dan dapat diterapkan pada materi lain yang dipandang bisa diterapkan dengan menggunakan metode pembelajaran sosiokanal