SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Islamophobia terhadap Laba Usaha

Taufiqa Faradilla

Abstrak


Taufiqa, Faradilla. 2019. Pengaruh Islamophobia terhadap Laba. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak, CA, CMA

Kata kunci: Islamophobia, Laba Usaha, Akuntansi Syariah

Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin  yang membawa kesejahteraan di muka bumi. Namun, kini Islam sedang dilanda isu negatif akibat berbagai kasus terorisme hingga tumbuh islamophobia. Media juga berperan dalam isu islamophobia ini. Sebagai makhluk sosial yang membutuhkan pendapatan untuk kelangsungan hidupnya, masyarakat muslim telah mendapat tantangan dengan adanya isu islamophobia ini dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi transcendental untuk mengetahui bagaimana pengaruh Islamophobia terhadap laba usaha yang dijalankan oleh muslim khususnya wanita bercadar di beberapa daerah di Indonesia yaitu di Tulungagung, Pasuruan, dan Malang.

 

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa adanya perubahan masyarakat dalam melihat muslim. Namun, perubahan sikap masyarakat ini tidak berdampak terhadap laba yang diperoleh oleh masyarakat muslim khususnya wanita bercadar yang menjalankan usaha. Islamophobia tidak memperngaruhi laba selama penjual memberikan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang mampu memuaskan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat mewujudkan loyalitas pelanggan hingga berdampak terhadap kenaikan laba yang diterima.