SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Perencanaan Strategis di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Malang

Adityawan Sofian Putra

Abstrak


ABSTRAK

Adityawan, Sofian Putra. 2019. Model Perencanaan Strategis di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak., CA.

Kata Kunci : Perencanaan Strategis, Organisasi Nirlaba.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dari perencanaan strategis yang ada di BAZNAS Kota Malang.Zakat merupakan sebuah ibadah sosial yang wajib dilakukan oleh setiap umat Islam yang memiliki kelapangan rezeki. Seiring dengan perkembagan zaman, munculah bebagai jenis organisasi nirlaba yang menghimpun, mengelola, dan mendistribusikan zakat, salah satunya ialah BAZNAS Kota Malang. Suatu organisasi baik nirlaba maupun yang berorientasi laba membutuhkan suatu perencanaan strategis. Perencanaan strategis akan memberi arahan kepada organisasi untuk menjalankan organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dari berbagai pihak yang berhubungan dengan penyusunan rencana strategis di BAZNAS Kota Malang untuk memperoleh data-data yang diperlukan.

 

Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model perencanaan strategis di BAZNAS Kota Malang mengandung nilai-nilai religius yang mendasari setiap program dan kegiatan. Perencanaan strategis yang dibuat berurutan dari analisis isu-isu strategis, penetapan visi dan misi, tujuan dan sasaran hingga program dan kegiatan. Perencanaan strategis sangat erat hubungannya dengan pengendalian. Oleh karena itu, unsur pengendalian merupakan hal yang penting dalam penyusunan sebuah rencana strategis.