SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Akuntansi Dalam Perubahan Menuju Badan Layanan Umum Pada SMKN 2 Malang Dalam Perspektif Teori Institusional

Putri Yolanda Akadiana

Abstrak


ABSTRAK

Putri, Yolanda Akadiana. 2019. Peran Akuntansi Dalam Perubahan Menuju Badan Layanan Umum Pada SMKN 2 Malang Dalam Perspektif Teori Institusional. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: PeranAkuntansi, BLUD, Teori Institusional, Perubahan Organisasi, Sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan organisasi untuk melakukan perubahan menjadi BLUD dalam perspektif institusional dan mengetahui peran akuntansi dalam mendukung perubahan menjadi BLUD melalui pemikiran dari para aktor.Kebijakan mengubah status SMKN menjadi SMKN BLUD hanya diterapkan di Provinsi Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di SMKN 2 Malang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah fenomenologi transcendental.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan SMKN 2 Malang menjadi BLUD dalam perpsektif institusional didasari oleh 3 sudut pandang, dalam Coercieve isomorphism adalah perubahan didasari dengan adanya penunjukan langsung dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan dan BPKAD Jawa Timur. Sudut pandang Mimetic isomorphism menunjukan bahwa SMKN 2 Malang menirukan praktik BLUD terbaik dari Universitas Negeri Malang dan melakukan perubahan organisasi sesuai aturan BLUD. Dalam  Normative isomorphism menunjukan bahwa bantuan profesional turut membantu dalam proses perubahan BLUD. Untuk peran akuntansi atas perubahan menjadi BLUD dimaknai dengan lebih memudahkan dalam bekerja, ibarat kuda berjalan sudah dipagari. Para aktor memaknai akuntansi BLUD berdampak baik untuk masa yang akan datang tetapi dalam pelaksanaanya banyak istilah yang sulit untuk dipahami.