SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Auditor tentang Pengalaman Kerja dan Profesionalisme terhadap Risiko Audit

Anugrah Sonny

Abstrak


ABSTRAK

Anugrah, Sonny. 2018. Persepsi Auditor tentang Pengaruh Pengalaman Kerja dan Profesionalisme Terhadap Risiko Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak, CA.

Kata Kunci: Pengalaman Kerja, Profesionalisme, Risiko Audit, Persepsi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi auditor tentang pengaruh pengalaman kerja dan profesionalisme terhadap risiko audit. Hal ini disebabkan masih banyak kasus kegagalan auditor dalam mendeteksi salah saji dan tidak memodifikasi opini di dalam laporan auditor independen.

Penelitian ini menganut pada paradigma positivistik (kuantitatif) dan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Populasi pada penelitian ini berjumlah 22 Partner yang tersebar di kantor akuntan publik wilayah kota malang. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Uji analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterogetitas dan multikolinieritas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji parsial-t, dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa

(1) Persepsi pengalaman kerja berpengaruh negative signifikan terhadap persepsi risiko udit,

(2) Persepsi profesionalisme berpengaruh negatif signifikan terhadap persepsi risiko audit. Keterbatasan penelitian ini adalah jumlah sample yang sedikit sehingga kurang menggambarkan auditor secara keseluruhan.