SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA DEPARTEMEN AKUNTANSI KABUPATEN MALANG

Fauziah Sindy Ariesta

Abstrak


ABSTRAK

Fauziah, Sindy Ariesta. 2018. Pengaruh Persepsi, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi, dan Pengendalian Internal, terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kementerian Agama, Departemen Akuntansi, Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

Kata kunci: Persepsi, Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal, Kinerja

Persepsi pemanfaatan sistem informasi akuntansi akan mempengaruhi kinerja karyawan dalam suatu organisasi tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung (Rizaldi, 2015:5). Oleh karena itu, semakin baik persepsi pegawai tentang teknologi informasi maka akan semakin meningkat kinerjanya. Hal tersebut sesuai dengan Technology Acceptance Model (TAM) yang dikemukakan oleh Davis (1989), yang menjelaskan bahwa pengguna sistem cenderung menggunakan sistem apabila sistem mudah digunakan dan bermanfaat baginya. Pengendalian internal yang memadai akan membuat kinerja pegawai menjadi baik (Taradipa, 2016).Semakin yakin para pemberi amanah kepada para pemegang amanah, maka dapat dikatakan bahwa pengendalian internal yang diterapkan sudah baik. Hal tersebut sesuai dengan Agency Theory (teori agensi) yang dikemukakan oleh Jensen dan Meckling (1976), yang menjelaskan bahwa hubungan antara dua pihak, dimana pihak pertama bertindak sebagai prinsipal atau pemberi amanat dan pihak kedua disebut agen yang bertindak sebagai perantara yang mewakili prinsipal dalam melakukan transaksi dengan pihak ketiga. Berdasarkan hal diatas, peneliti melakukan penelitian mengenai kinerja pegawai departemen akuntansi dikantor Kementerian Agama Kabupaten Malang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pemanfaatan sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal terhadap kinerja pegawai pada kantor Kementerian Agama Departemen Akuntansi Kabupaten Malang.

Penelitian ini menganut pada paradigma positivistik (kuantitatif) dan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Populasi pada penelitian ini berjumlah 148 pegawai, dengan teknik sampel menggunakan Purposive Sampling.Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Uji analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dan multikolinieritas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji parsial-t, dan koefisien determinasi.

 

Berdasarkan pada penghitungan analisis regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil didapatkan bahwa variabel Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi (X1) dan Pengendalian Internal (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai(Y). Sehingga dapat disimpulkan dengan meningkatkan Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi (X1) dan Pengendalian Internal (X2) maka akan meningkatkan Kinerja Pegawai.