SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Growth Potential (GP), dan Current Ratio (CR) Terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) (Di Perusahaan Manufaktur Sub BIdang Komponen dan Otomotif yang Listed di BEI Periode 2012-2016)

Anggraeni Dita Maya

Abstrak


ABSTRAK

Anggraeni, Dita Maya. 2017. Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Growth Potential (GP), dan Current Ratio (CR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) di Perusahaan Manufaktur Sub Bidang Komponen dan Otomotif yang Listed di BEI Periode 2012 – 2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si. , Ak .

Kata kunci: Dividend Payout Ratio, Net Profit Margin, Growth Potential dan Current Ratio.

Kebijakan dividen adalah kebijakan yang mengatur penempatan laba, dijadikan laba ditahan (retained earning) dan dibagikan pada para investor sebagai dividen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor yang diduga mempengaruhi kebijakan dividen yang diwakili oleh dividend payout ratio pada perusahaan manufaktur sub bidang komponen dan otomotif yang listed di BEI periode 2012 – 2016. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah net profit margin untuk mengukur profitabilitas, growth potential untuk mengukur pertumbuhan aset perusahaan dan current ratio untuk mengukur likuiditas perusahaan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub bidang komponen dan otomotif yang terdaftar di BEI berjumlah 13 perusahaan, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 perusahaan yang memiliki total 40 sampel dengan menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder atau laporan keuangan tahunan perusahaan.

Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa net profit margin berpengaruh positif signifikan terhadap dividend payout ratio dengan tingkat signifikansi 0,018 memiliki koefisien regresi sebesar 0,469. Variabel growth potential berpengaruh negatif signifikan terhadap dividend payout ratio dengan signifikansi sebesar 0,040 yang memiliki koefisien regresi sebesar -0,510.  Variabel terakhir adalah current ratio berpengaruh positif signifikan terhadap dividend payout ratio dengan signifikansi sebesar 0,026 yang memiliki koefisien regresi sebesar  0,109.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan:

(1) Bagi investor dan calon investor, sebelum menginvestasikan dananya pada suatu perusahaan perhatikan profitabiltas, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan.

(2) Bagi manajemen, manajemen harus mengetahui preferensi dari para investor dan calon investor agar bisa mendapatkan investasi yang diinginkan. Apabila para investor lebih tertarik dengan laba, pihak manajemen harus meningkatkan profitabilitas perusahaan dan apabila para investor lebih tertarik dengan perusahaan yang likuid, maka meningkatkan asset lancar adalah pilihan yang tepat.

 

(3) Bagi peneliti selanjutnya , menggunakan sub bidang yang lain seperti food and beverage, industri kimia, dan lain sebagainya. Menambahkan variabel lain seperti solvabilitas, ukuran perusahaan, dan lain sebagainya. Menggunakan analisis selain regresi linier berganda dan menambah faktor lain seperti tingkat inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar rupiah, dan lain sebagainya.