SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Investigasi Perilaku Investor Menggunakan Behavior Mapping Di Perusahaan Sekuritas X Cabang Malang

Apsari Rima

Abstrak


RINGKASAN

Apsari, Rima. 2019. Investigasi Perilaku Investor Menggunakan Behavior Mapping Di Perusahaan Sekuritas X Cabang Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA.,Ak.

Kata Kunci: perilaku investor, behavior mapping, behavior finance.

Pengambilan keputusan investasi merupakan proses yang vital dan kompleks karena di dalamnya terkait dengan risiko yang harus diukur secara cermat dan tepat. Investor disarankan untuk bersikap rasional dalam mengambil keputusan sehingga harga saham yang terbentuk mencerminkan harga yang sebenarnya. Akan tetapi banyak fakta yang membuktikan bahwa investor tidak selalu bersikap secara rasional dalam mengambil setiap keputusan invetasi. Hal ini dikarenakan terdapat faktor psikologi yang mempengaruhi investor dalam proses pengambilan keputusan, sehingga keputusan yang dihasilkan bersifat bias.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku investor yang sebenarnya dalam mengambil keputusan investasi, serta sebagai upaya untuk memberikan jawaban atas perdebatan teori Efficient Market Hyphotesis yang mengatakan investor rasional dan teori Behavior Financeyang menyebut bahwa investor irasional.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode behavior mapping untukmengidentifikasi perilaku investor saat melakukan aktivitas investasi. Behavior mapping adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi pola pergerakan dan perilaku manusia pada area tertentu. Informan dalam penelitian ini adalah investor aktif yang melakukan trading di Perusahaan Sekuritas X Cabang Malang.

 

Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa sebagian besar investor berperilaku irasional dalam mengambil keputusan investasi. Terdapat bias behavior finance yang mempengaruhi perilaku investor, antara lain yaitu: anchoring bias, overconfidence bias, bandwagon effect, loss aversion bias, dan regret bias.