SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Jenis Kelamin, Ethnic Background, dan Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dengan Love of Money sebagai Variabel Intervening

Puspasari Dewi Anisa

Abstrak


ABSTRAK

Puspasari, Dewi Anisa. 2018. Pengaruh Jenis Kelamin, Ethnic Background, dan Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dengan Love of Money sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa, Ak. (II) Sawitri Dwi Prastiti, S., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Jenis Kelamin, Ethnic Background, Status Sosial Ekonomi, Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi,  Love of Money

Persaingan dalam globalisasi yang sangat tegas memberi dampak pada setiap akuntan untuk mempertahankan posisinya.Sebagai calon akuntan, mahasiswa tidak hanya tahu betul tentang teori tapi juga etiket dalam profesi untuk mengurangi tindak kecurangan dalam bekerja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis kelamin, ethnic background, status sosial ekonomi terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan love of money sebagai variabel intervening.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi di Universitas Negeri Malang Universitas Brawijaya, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi yag telah menempuh matakuliah etika bisnis, pengantar bisnis, pengauditan.Sampel sebanyak 50 diperoleh dari perkalian variabel penelitian (5 variabel dikalikan 10). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebar kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS versi 3.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kelamin, ethnic background, dan status sosial ekonomi tidak berpengaruh terhadap persepsi etis, sedangkan variabel love of money berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Variabel jenis kelamin dan ethnic background tidak berpengaruh terhadap love of money sedangkan variabel status sosial ekonomi berpengaruh terhadap love of money.Love of money tidak mengintervening antara variabel jenis kelamin, ethnic background, dan status sosial ekonomi dengan persepsi etismahasiswa akuntansi.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada penelitian selanjutnya pada variabel jenis kelamin dan ethnic background diharapkan menggunakan pengukuran yang lebih spesifik seperti GEM, meneliti variabel independen selain yang sudah ada di penelitian ini, memperhatikan proporsional variabel yang akan diteliti, apabila variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen, maka tidak bisa ditambahkan variabel intervening, peneliti selanjutnya diharapkan mampu menggunakan metode wawancara.