SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017

Apriliana Nina

Abstrak


ABSTRAK

Apriliana, Nina. 2019. Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci: Profitabilitas, CSR, Nilai Perusahaan

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh profitabilitas dan CSR terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Alasan menggunakan sektor indutri barang konsumsi karena nilai perusahaan pada sektor ini mengalami fluktuasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif explanatory. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017 dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 141 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan SPSS.

Hasil penelitian ini adalah:

(1) profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena perusahaan yang bergerak dalam lingkup sektor industri barang konsumsi memiliki sustainability perusahaan yang terjaga.

(2) CSR  berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena investor menganggap bahwa perusahaan yang bertanggungjawab terhadap lingkungan mampu memiliki prospek yang baik di masa depan dan adanya pemberdayaan masyarakat dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan perekonomian. Keterbatasan penelitian yaitu:

(1) terdapat unsur subjektif dalam mengidentifikasi item pengungkapan CSR,

(2) variabel independen menggunakan pengukuran jangka panjang sedangkan variabel dependen menggunakan pengukuran jangka pendek.

Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu:

(1) untuk mengidentifikasi item pengungkapan CSR menggunakan standar GRI,

(2) untuk menyamakan pengukuran jangka panjang maka variabel dependen diukur menggunkaan closing price bulan keempat setelah selesai proses audit.