SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Return On Asset (ROA) terhadap Penyaluran Kredit.

Suryani Aprilian Dwi

Abstrak


RINGKASAN

Suryani, Aprilian Dwi. 2018. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Return On Asset (ROA) terhadap Penyaluran Kredit. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd, M.Sc.

Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return On Asset (ROA), dan penyaluran kredit.

Bank merupakan lembaga keuangan yang mempunyai peran penting dalam perekonomian Indonesia. Fungsi utama bank sebagai lembaga intermediasi, yaitu sebagai perantara keuangan antara pihak yang kelebihan dana dan pihak yang kekurangan dana. Dalam menyalurkan dananya, ada faktor internal yang harus diperhatikan, yaitu dari sisi permodalan yang diproksikan dengan Capital Adequacy Ratio (CAR), tingkat kolektabilitas yang diproksikan dengan Non Performing Loan (NPL), dan profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Return On Asset (ROA) terhadap penyaluran kredit pada bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesi (BEI) periode 2014- 2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan yang diterbitkan oleh masing-masing bank umum konvensional.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum konvensional yang terdaftar di BEI sebanyak 43 bank. Setelah melewati tahap purposive sampling, jumlah sampel yang layak digunakan sebanyak 28 bank dalam periode 2014-2016, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 bank. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji pengaruh variabel secara parsial, serta uji F untuk menguji pengaruh variabel secara simultan dengan tingkat signifikansi 5%.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyaluran kredit, hal ini berarti setiap penurunan rasio CAR akan mempengaruhi peningkatan penyaluran kredit, begitu juga sebaliknya. Non Performing Loan (NPL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit, hal ini berarti setiap peningkatan rasio NPL maka akan mempengaruhi peningkatan penyaluran kredit, begitu juga sebaliknya. Return On Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit, hal ini berarti setiap peningkatan rasio ROA berpengaruh terhadap peningkatan penyaluran kredit, begitu juga sebaliknya.