SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penanggulangan Kolektibilitas Kredit Pensiunan Pada BTPN Kantor Cabang Malang

DEDI PRASETYONO EKA WIJAYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijaya, Dedi Prasetyono Eka. 2010. Analisis Penanggulangan Kolektibilitas Kredit Pensiunan Pada BTPN Kantor Cabang Malang, Tugas Akhir, Program Studi, Diploma III Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Puji Handayati, S.E, Ak, M.M.

 

Kata kunci: Kolektibilitas Kredit Pensiunan

 

Bank merupakan lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa bank lainnya. Dalam prakteknya dari tahun 2007 sampai dengan 2009 bank BTPN telah memperoleh banyak penghargaan dalam kinerjanya dan dalam perolehan laba terbaik. Dimana faktor-faktor perolehan hasil tersebut tidak terlepas dari kinerja dan pengelolaan Bank BTPN dalam menanggulangi tingkat kolektibilitas kredit.

Tujuan penulisan tugas akhir ini untuk mengetahui prosedur pemberian kredit serta mengetahui upaya penanggulangan yang ditempuh di Bank BTPN Kc. Malang dalam menyelesaikan kredit bermasalah serta meminimalisirkan tingkat kolektibilitas 2 s/d 5. Metode yang digunakan adalah dengan metode deskripsi kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data yang berhubungan dengan permasalahan yang harus dipecahkan penulis dengan menggunakan dasar-dasar teori maupaun pemikiran logis. Metode deskripsi kuantitatif adalah metode data yang diperoleh, diolah dengan menggunakan suatu alat yang pada umumnya berbentuk perhitungan (sistematis). Penetapan dalam pembatasan pinjaman pada PT BTPN.

Dengan melihat kebijakan prosedur pemberian kredit yang dijalankan bank BTPN Cabang Malang. Diketahui bahwa bank PT. BTPN Cabang Malang telah memiliki prosedur pemberian kredit yang efektif dan efisien, sehingga prosedur di bank BTPN Cabang Malang merupakan proses untuk mendapatkan debitur yang benar-benar berpotensi untuk mengembalikan dana yang dipinjam di saat waktu jatuh tempo.

BTPN Kc. Malang mempunyai tingkat kolektibilitas kredit baik, karena perbandingan nilai kolektibilitas kredit BTPN Kc. Malang berada di bawah ketentuan Bank Indonesia, yang menyatakan bank kinerjanya baik apabila kredit macet maksimal 5% dari total kredit yang disalurkan, mengacu pada angka yang dipersyaratkan BI dalam Non Performance Loan (NPL). Perlu disarankan bahwa proses pembayaran kredit sebaiknya menggunakan sistem autodebet guna mengantisipasi kredit bermasalah serta Penghapusan bunga kredit dengan catatan untuk kasus-kasus kredit macet.