SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kemampuan Teknik Pemakai Sistem dan Dukungan Manajemen Puncak terhadap Partisipasi Pemakai Sistem General Accounting (Pada PT. PG. Rajawali I Unit PG. Krebet Baru)

Wulandari Asri

Abstrak


RINGKASAN

Wulandari, Asri. 2018. Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Dan Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Partisipasi Pemakai Sistem General Accounting (Pada PT. PG. Rajawali I  Unit PG. Krebet baru). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci: Partisipasi Pemakai Sistem, Kemampuan Teknik Pemakai Sistem,   Dukungan Manajemen Puncak

Pada PG. Krebet Baru merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang pengolahan tebu. Pada saat musim giling kegiatan perusahaan meningkat maka dibutuhkan sistem untuk mencatat kegiatan perusahaan. Sistem yang digunakan pada PG. Krebet Baru yaitu sistem General Accounting. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan teknik pemakai sistem dan dukungan manajemen puncak terhadap partisipasi pemakai sistem General Accountingpada PG. Krebet Baru.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dari penelitian ini seluruh karyawan bagian akuntansi dan keuangan PG. Krebet Baru. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu karyawan yang mengoperasikansistem General Accounting. Metode analisis yang digunakan regresi linier berganda, uji F dan uji t dengan bantuan SPSS 22 for windows.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan teknik pemakai sistem tidak berpengaruhsignifikan terhadap partisipasi pemakai sistem General Accounting pada PG. Krebet Baru. Kemampuan teknik pemakai sistem tidak berpengaruh karena karyawan yang menjalankan sistem bukan merupakan  individu profesional jadi hanya menggunakan sistem yang ada tanpa ikut serta dalam pengembangan. Dukungan manejemen puncak berpengaruhpositif dan signifikan terhadap partisipasi pemakai sistem General Accounting pada PG. Krebet Baru. Dukungan manajemen puncak berpengaruh positif karena pada PG. Krebet Baru terdapat bagian IT.