SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Strategi Sekolah Dan Peran Guru Dalam Terciptanya Lulusan Siap Kerja Di Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Zahro Lailatuz

Abstrak


ABSTRAK

Zahro, Lailatuz. 2018. Analisis Strategi Sekolah Dan Peran Guru Dalam Terciptanya Lulusan Siap Kerja Di Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M

Kata Kunci: Strategi Sekolah, Peran Guru

Strategi merupakan sebuah rencana yang disusun para pemimpin puncak yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga atau organisasi. Dalam upaya agar terciptanya lulusan siap kerja maka sekolah perlu menyusun berbagai strategi yang tepat agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Selain strategi yang tepat, dalam upayanya menciptakan lulusan siap kerja diperlukan peran dari seorang guru. Guru sebagai agen dalam proses pembelajaran dituntut mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didiknya.

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui

1) strategi yang digunakan sekolah dalam menciptakan lulusan siap kerja;

2) peran guru dalam upaya mempersiapkan peserta didik agar siap memasuki dunia kerja;

3) kendala yang dihadapi dalam upaya menciptakan lulusan siap kerja.

Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan Studi Kasus. Data yang diperoleh peneliti berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 6 informan yaitu Waka Kurikulum, Waka Humas, Ketua BKK, Guru Akuntansi Perbankan, Siswaserta Alumni Jurusan Perbankan. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Hasil penelitian menujukkan bahwa ditemukan beberapa Strategi sekolah dalam upaya menciptakan lulusan siap kerja yaitu

(1) Penyelarasan kurikulum dengan Kebutuhan Du/Di;

(2) Pengadaan Kelas Industri;

(3) Program LSP;

(4) Melakukan Perluasan Jaringan Kerjasama dengan Du/Di;

(5) Pelaksanaan Prakerin;

(6) Pembentukan BKK. Beberapa peran guru dalam upaya mempersiapkan peserta didik agar siap memasuki dunia kerja yaitu Pengembangan kemampuan Kognitif,  Afektif serta pembentukan Keterampilan bagi peserta didik. Adapun beberapa Kendala yang dihadapi adalah

(1) kurangnya etos kerja dalam diri peserta didik;

(2) Faktor Orangtua;

(3) Penempatan Prakerin Yang Masih di dalam Kota;

 

(4) Ketidakselarasan Antara Program Keahlian Dengan Lapangan Pekerjaan Yang Diperoleh.