SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Akuntansi Dalam Perspektif Teori Konstruktivisme

Kartikasari Rhenita Dwi

Abstrak


ABSTRAK

Kartikasari, Rhenita Dwi. 2018. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Akuntansi dalam Perspektif Teori Konstruktivisme. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si, Ak., CA

Kata Kunci: Konstruktivisme, Keterampilan Membuka Pelajaran, Keterampilan Menutup Pelajaran

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa terlibat langsung dalam sebuah pembelajaran. Kurikulum saat ini menuntut proses pembelajaran dimana siswa diharapkan berperan leih aktif selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran berada ditangan siswa, guru sebagai fasilitator. Bruning et al (dalam Schunk, 2012:320) menjelaskan konstruktivisme adalah perspektif psikologis dan filosofis yang memandang bahwa masing-masing individu membentuk atau membangun sebagian besar dari apa yang mereka pelajari dan pahami. Dalam proses pembelajaran, pengetahuan tidak begitu saja di transfer dari guru ke siswa dalam bentuk tertentu, melainkan siswa membentuk sendiri pengetahuan itu dalam pikirannya masing-masing sehingga pengetahuan tentang sesuatu dipahami secara berbeda-beda oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu

(1) untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru tentang teori konstruktivisme dalam pembelajaran,

(2) untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru akuntansi tentang keterampilan dasar mengajar,

(3) untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru akuntansi tentang keterampilan membuka dan menutup pelajaran,

(4) Untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang telah dimiliki guru akuntansi di SMKN 2 Kediri selama proses pembelajaran.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Langkah untuk memperoleh kesimpulan yang tepat dalam penelitian kualitatif adalah dengan cara pengecekan keabsahan temuan.

Berdasarkan hasil wawancara, guru akuntansi SMKN 2 Kediri guru mengartikan konstruktivisme sebagai teori belajar yang menekankan keaktifan siswa. Keaktifan siswa adalah cara untuk membangun atau mengkontruksi pengetahuan siswa. Peran guru tidak lagi menjadi sentral dalam proses pembelajaran, namun berubah sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam proses pengkonstruksian pengetahuan. Dalam pelaksanaan keterampilan membuka dan menutup pelajaran, guru akuntansi telah memenuhi sebagian komponen yang ada. Pelaksanaan tersebut juga telah sesuai dengan perspektif konstruktivisme.

 

SUMMARY

Kartikasari, Rhenita Dwi. 2018. Analysis Of Basic Skills Of Accounting Teaching In The Perspective Of The Constructivism Theory. Sarjana’s Thesis. Departement of Economic Development, Faculty of Economics. Univeritas Negeri Malang. Advisor: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si, Ak., CA

Keywords : Constructivism theory, Open lesson skills, Close lesson skill.

Effective learning is ;earning that can make students engage directly in a learning. According to the current curriculum that the learning process where are students expected to play more active role during the learning process. The learning process was in the hands of the students, the teacher as the facilitator. Bruning et al (cited in Schunk, 2012:320) who stated that constructivism is the perspective of psychology and philosophy which considers that each individual form of build as large of what they learn and understanding. In the process of learning, knowledge is not just transferred from the teacher to the students in a particular form, but rather the students form their own knowledge that in his mind each of them so that knowledge about something is understood differently by students. The purpose of this research is

(1) To determine the knowledge and understanding of the teachers about the theory of constructivism in learning,

(2) to know the knowledge and understanding of the teacher of accounting in the basic skills of teaching,

(3) to determine the knowledge and understanding of the teachers accounting about a skills opening and closing a lesson,

(4) to determine how the implementation of skills to open and close the lesson which has been owned by a teacher  of accounting in SMKN 2 Kediri during learning process.

This research used descriptive qualitative. The research instrument in this research used interview, classroom observation, and documentation. The steps of this research was checking validity of the findings. Based on the results of interview, the teacher of accounting in SMKN 2 Kediri was constructivism as a learning theory that emphasizes the liveliness of the students. The liveliness of the students is the way to build or construct the knowledge of students. The role of the teacher was central in the learning process, however, turned into facilitators who helps students in the process of constructivisms’ knowledge. In the implementation of the skills of opening and closing the lesson, the teacher has to meet as the components are there. The implementation has been in accordance with the perspective of constructivism.