SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Marselita Prischa Rossa

Abstrak


ABSTRAK

Marselita, Prischa Rossa. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si, Ak. CA

Kata Kunci: Return On Equity, Total Asset, Current Ratio, Price to Book Value

Nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran pemegang saham secara maksimum apabila harga saham meningkat. Semakin tinggi harga saham sebuah perusahaan, maka makin tinggi kemakmuran pemegang saham. Sesuai dengan Theory Of The Firm tujuan utama suatu perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan sangat penting karena dengan nilai perusahaan yang tinggi akan diikuti oleh tingginya kemakmuran pemegang saham. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan; dan pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 51 sampel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan eksplanatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website masing-masing perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan Moderated Regression Analysis (MRA).

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu periode pengamatan yang singkat yait hanya 3 tahun. Saran untuk penelitian selanjutnya antara lain

1) memperpanjang periode tahun penelitian;

2) mengindikasikan komponen atau factor-faktor lainnya dan

3) tidak hanya menggunakan perusahaan manufaktur sebagai sampel penelitian.