SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Peer Teaching dan Kajian Praktik Lapangan Terhadap KesiapanMahasiswa Menjadi Guru Akuntansi

BELA JIBRIL RAJA

Abstrak


ABSTRAK

Bela, Jibril Raja. 2018. Pengaruh Peer Teaching dan Kajian Praktik Lapangan Terhadap KesiapanMahasiswa Menjadi Guru Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Peer Teaching, Kajian Praktik Lapangan, Kesiapan Menjadi Guru

Peer Teaching dan Kajian Praktik Lapangan merupakan mata kuliah yang diberikan UM untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru. Mata kuliah tersebut bertujuan mengenalkan mahasiswa pada kegiatan pembelajaran riil di kelas dan praktik mengajar di sekolah agar mahasiswa siap menjadi tenaga pendidik yang profesional. Kesiapan dapat berupa fisik berarti tenaga yang cukup dan kesehatan yang baik, kesiapan mental memiliki kesiapan untuk melakukan suatu kegiatan. Kesiapan menjadi guru dapat dilihat dari mahasiswa melaksanakan tugas – tugas guru dan dalam pemahaman terhadap kompetensi yang harus dimiliki. kesiapan menjadi guru dapat dilihat dari kemampuan mahasiswa dalam menjalankan tugas-tugas sebagai guru dalam program mata kuliah praktikan seperti peer teaching dan KPL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peer teaching dan Kajian Praktik Lapangan terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitianeksplanatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2014. Jumlah sample yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 110 mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan

(1)Statistik Deskriptif,

(2) Uji Asumsi Klasik,

(3) Analisis Regresi Berganda,

(4) Pengujian Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Peer Teaching berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi, sementara itu Kajian Praktik Lapangan berpengaruh positif signifikan juga terhadap kesiapan mejadi guru akuntansi. Hasil penelitian ini memperkuat teori behavioristik yang menekankan pada kajian ilmiah mengenai berbagai respon perilaku yang dapat diamati dan penentu lingkungannya. Teori ini mempelajari tingkah laku manusia yang menggunakan pendekatan objektif, mekanistik, dan materialistik, sehingga perubahan tingkah laku pada diri seseorang dapat dilakukan melalui upaya pengkondisian setelah terjadinya pengalaman.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Peer Teaching dan Kajian Praktik Lapangan berpengaruh positif signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Hasil dari penelitian tersebut dapat menjadi saran untuk peneliti selanjutnya agar memperbanyak pertanyaan pada angket terutama pada indikator yang hanya terdiri beberapa pertanyaan, sehingga mampu mengungkapkan atau  menggambarkan variabel serta tujuan penelitian yang ingin dicapai serta tidak hanya menggunakan teknik angket untuk mendapatkan data namun juga menggunakan teknik observasi langsung untuk mendapatkan data yang lebih akurat.