SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penentuan Paket Umrah, Komponen Biaya Umrah, dan Harga Jual Paket Umrah (Studi Fenomenologi pada Biro Perjalanan Umrah Al-Rahmah)

Merdiyanti Devika Aldina

Abstrak


ABSTRAK

Merdiyanti, Devika Aldina. 2019. Analisis Penentuan Paket Umrah, Komponen Biaya Umrah, dan Harga Jual Paket Umrah (Studi Fenomenologi pada Biro Perjalanan Umrah Al-Rahmah). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Helianti Utami, SE, M.Si, Ph.D, Ak, CA.

Kata Kunci: Komponen Biaya, Harga Jual Paket Umrah

Kurang lebih satu tahun yang lalu terjadi banyak kasus penipuan dan penggelapan dana jamaah umrah dengan modus penipuan menawarkan paket umrah murah berkisar antara Rp 5,5 juta hingga Rp 54 juta. Fenomena tersebut ditanggapi Kementerian Agama (Kemenag) dengan mengeluarkan aturan biaya acuan umrah (BPIU Referensi) sebesar Rp 20 juta (KMA No. 221/2018). Namun, BPIU tersebut tidak merinci nominal biaya acuan atas masing-masing komponen biaya yang ditimbulkan selama penyelenggaraan ibadah umrah. Sehingga kondisi tersebut berdampak pada biro perjalanan umrah yang menetapkan sendiri besaran biaya masing-masing komponen dari paket umrah.

Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan paket umrah, komponen biaya umrah, dan harga jual paket umrah menurut perspektif pemilik biro travel umrah Al-Rahmah, dipandang dari sudut teori behavioral economics, meliputi aspek ekonomi dan psikologi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terkait penentuan paket umrah, Ibu Bendahara dan Bapak Wakil Sekretaris mempertimbangkan jadwal penerbangan, durasi hari, dan permintaan konsumen. Dari sisi psikologis, informan ingin memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen akan durasi hari, maskapai penerbangan, fasilitas hotel, dan lain sebagainya. Hal tersebut memberikan dampak secara ekonomi terhadap perolehan pendapatan travel umrah Al-Rahmah.

Kedua, mengenai komponen biaya umrah Al-Rahmah, dibagi menjadi 2. Komponen biaya pertama, yang termasuk kedalam harga paket, menurut informan terdiri dari biaya tiket pesawat, biaya visa, biaya hotel, biaya konsumsi, dan biaya transportasi. Komponen biaya kedua, yang dikecualikan dari harga paket umrah meliputi biaya paspor, biaya visa progresif, biaya surat mahram, biaya vaksin, dan biaya perlengkapan. Kedua jenis komponen biaya umrah tersebut apabila diidentifikasikan perilaku biayanya, secara keseluruhan merupakan biaya variabel. Beberapa diantaranya termasuk biaya tetap, dan selebihnya tidak dimasukkan ke dalam biaya apapun karena informan memberikan kepada jamaah secara gratis sebagai bentuk hadiah dan shodaqoh keluarga besar Al-Rahmah. Kondisi tersebut mengindikasikan secara psikologis bahwa informan tidak mempermasalahkan besarnya biaya yang dikeluarkan karena informan berkeyakinan Allah akan menggantinya berlipat ganda.

Ketiga, yakni penentuan harga jual paket umrah di Al-Rahmah, informan mempertimbangkan aspek ekonomis, diantaranya faktor biaya, faktor pelanggan, faktor pesaing, faktor musim, dan laba yang diinginkan. Terlepas dari banyaknya aspek ekonomi yang dipertimbangkan, secara psikologi informan menginginkan pencapaian usaha travel umrah Al-Rahmah berkah, meskipun laba yang didapatkan sedikit, namun ketika pelayanan kepada jamaah dimaksimalkan, maka akan berpengaruh pada kepuasan serta loyalitas jamaah kepada Al-Rahmah.