SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM AKUNTANSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI KELOMPOK MATA DIKLAT PRODUKTIF DI SMKN 1 PONOROGO

SRI NOVI TUTUT ENDARWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Endarwati, Sri Novi Tutut. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Akuntansi sebagai Sumber Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Kelompok Mata Diklat Produktif di SMK Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak., (II) Satia Nur Maharani, S.E., M.Si., Ak.

 

Keyword: laboratorium akuntansi,  motivasi belajar, ketuntasan belajar.

 

Sekolah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya (Kunandar, 2008). Output Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja maupun dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ketersediaan fasilitas laboratorium dapat membekali siswa dengan keterampilan praktik. Motivasi belajar dalam diri siswa juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam proses belajar mengajar.

Berdasarkan latar belakang tersebut, perlu diadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemanfaaatan laboratorium akuntansi sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap ketuntasan belajar siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah (1) apakah ada pengaruh pemanfaatan laboratorium akuntansi sebagai sumber belajar terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X program keahlian akuntansi kelompok mata diklat produktif di SMK Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2009/2010?, (2) apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap ketuntasan belajar  siswa kelas X program keahlian akuntansi kelompok mata diklat produktif di SMK Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2009/2010? dan (3) apakah ada pengaruh pemanfaatan laboratorium akuntansi sebagai sumber belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap ketuntasan belajar siswa kelas X program keahlian akuntansi kelompok mata diklat produktif di SMK Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2009/2010?. Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 93 siswa dari populasi siswa kelas X program keahlian akuntansi Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 122 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dengan angket atau kuesioner. 

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pemanfaatan laboratorium akuntansi sebagai sumber belajar berpengaruh secara signifikan terhadap ketuntasan belajar siswa, (2) motivasi belajar memberikan pengaruh negatif yang signifikan terhadap ketuntasan belajar siswa, dan (3) pemanfaatan laboratorium akuntansi sebagai sumber belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 9,6% terhadap ketuntasan belajar. Saran yang diberikan adalah hendaknya siswa lebih meningkatkan pemanfaatan laboratorium akuntansi sebagai sumber belajar dan motivasi belajar yang dapat mendorong siswa untuk mencapai ketuntasan belajar.