SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Opini Audit Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Real Estat dan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2014

Aldila Putri Rahayu

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap manajemen laba; mengetahui pengaruh opini audit terhadap manajemen laba. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan CSR (CSR disclosure) yang diukur menggunakan Indeks CSR (CSRI) yang berpedoman pada GRI G4, dan opini audit digunakan untuk mengukur tingkat keparahan perubahan opini audit, semakin besar nilai suatu variabel maka semakin serius besarnya perubahan opini audit. Variabel dependen yang digunakan adalah manajemen laba yang diukur menggunakan proksi discretionary accrual.

Jenis penelitian ini adalah kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 perusahaan real estate dan property yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014 yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas kolmogolov-smirnov, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi linear berganda, uji determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba; opini audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba.