SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang

Widya Karana

Abstrak


ABSTRAK

 

Karana, Widya. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng, M.A., M.M., Ak. (2) Triadi Agung Sudarto, S.E., Ak., M.Si.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa

 

Prestasi belajar siswa merupakan hasil belajar yang dicapai seseorang dalam kegiatan belajar dalam kurun waktu tertentu yang dinyatakan dalam bentuk angka atau nilai. Dalam proses belajar mengajar, prestasi belajar siswa merupakan tujuan utama yang diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas.

Pemanfaatan media pembelajaran adalah segala media  yang mendukung dalam pelaksanaan proses belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran akuntansi, baik dilihat dari kualitas dan kuantitasnya  tetapi juga dari persepsi siswa akan pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi.

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhpemanfaatan media pembelajaran dalam  mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa  kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi (Explanatory Research).

Pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi data adalah kelas X (Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan) SMK Muhammadiyah 2 Malang yang diwakili sampel 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan Maret sampai April 2010.

Hasil analisis data di peroleh bahwa pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran akuntansi mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Implikasi dari  hasil analisis di atas selaras dengan Latuheru bahwa manfaat media pembelajaran adalah untuk memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar sesuai dengan  hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar  akuntansi siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang tergolong dalam kriteria tinggi sedangkan pemanfaatan media pembelajaran berada dalam kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar media pembelajaran di SMK Muhammadiyah  2 Malang hendaknya perlu ditingkatkan guna lebih meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran akuntansi.