SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Leverage, Capital Intensity,dan Koneksi Politik terhadap Agresivitas Pajak BUMN yang Listed di BEI Tahun 2014-2017

Elsa Putri Andika Maydah

Abstrak


Pajak merupakan pendapatan negara yang memiliki kontribusi lebih dari 70% dari seluruh anggaran negara. Meskipun kontribusi pajak tinggi, namun masih banyak wajib pajak yang bertindak agresif terhadap pajak. Agresivitas pajak merupakan usaha manajer untuk mengurangi jumlah pajak perusahaan. Hal ini disebabkan perbedaan kepentingan antara pemerintah dengan perusahaan. Bagi pemerintah, pajak merupakan penerimaan yang dapat meningkatkan pembangunan negara. Di sisi lain, perusahaan mempunyai pandangan yang berbeda tentang pajak. Pajak merupakan beban yang dapat menghambat tujuan perusahaan mendapatkan keuntungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage, capital intensity,dan koneksi politik terhadap agresivitas pajak.

Metode penelitian menggunakan kuantitatif-eksplanasi dan pemrosesan data menggunakan IBM SPSS versi 25. Populasi penelitian dari 20 perusahaan selama 4 tahun dan sampel yang digunakan sebanyak 48 data yang diperoleh dari metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan (annual report) perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI) selama periode 2014-2017 yang dapat dilihat di situs web resmi yaitu www.idx.co.id. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini yakni variabel leverageberpengaruh negatif pada agresivitas pajak. Variabelcapital intensity dan koneksi politik tidak berpengaruh secara signifikan pada agresivitas pajak.