SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPeristiwaKebijakan 7 Day (Reverse) Repo Rate TerhadapReaksiPasarSahamPerbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016

Sakdiyah Wike

Abstrak


ABSTRAK

Sakdiyah, Wike. 2018. Pengaruh Peristiwa Kebijakan 7 Day (Reverse) Repo Rate Terhadap Reaksi Pasar Saham Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

Kata Kunci: Studi Peristiwa, Teori Pesinyalan, Hipotesis Pasar Efisien, Abnormal Return, 7 Day (Reverse) Repo Rate

Peristiwa 7 Day (Reverse) Repo Rate oleh Bank Indonesia menjadi sinyal pengambilan keputusan investasi. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa makro ekonomi yang dapat mempengaruhi perekomian secara umum. Bentuk efisiensi pasar modal mengetahui seberapa merata informasi yang diserap oleh investor dan sinyal yang mengindikasikan respon investor apakah positif atau negatif. Penelitian ini merupakan event study deskriptif dengan menggunakan 31 sampel perusahaan perbankan untuk mengetahui reaksi pasar modal, bentuk efisiensi pasar dan jenis sinyal yang ditimbulkan akibat peristiwa kebijakan 7 Day (Reverse) Repo Rate.

Selama periode pengamatan terdapat reaksi pasar positif dan negatif pada saat sebelum dan sesudah peristiwa kebijakan dengan ditandai adanya abnormal return dengan tingkat signifikansi 1%. Sedangkan pada saat peristiwa terjadi tidak ada reaksi pasar. Terdapat kebocoran informasi sebelum diberlakukan kebijakan yang menyebabkan bentuk efisiensi pasar setengah kuat. Hal tersebut juga disebabkan karena investor mendapatkan tingkat informasi yang berbedabeda berdasarkan teori efisiensi pasar.

Penelitian selanjutnya dapat memperluas sampel penelitian, menambah variabel penelitian, menambah event window, dan metode lain untuk menentukan return ekspektasi sehingga menambah wawasan mengenai pengaruh kebijakan 7 Day (Reverse) Repo Rate terhadap reaksi pasar.