SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN JASA PENGIRIMAN UANG MELALUI SISTEM BANK INDONESIA – REAL TIME GROSS SETTLEMENT (BI-RTGS) PADA PT. BANK JATIM CABANG BLITAR

AYUNINGTYAS WIJAYANTI

Abstrak


ABSTRAK
Wijayanti, Ayuningtyas. 2010. Pelaksanaan Jasa Pengiriman Uang Melalui Sistem Bank Indonesia – Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) Pada PT. Bank Jatim Cabang Blitar. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Triadi Agung Sudarto, S.E, M.Si, Ak.
Kata Kunci: Prosedur, Mekanisme, Sistem BI-RTGS
Sistem pembayaran sangat penting dalam suatu perekonomian. Bank Indonesia sebagai Bank Sentral melakukan pengembangan Sistem Pembayaran Nasional (SPN) yang komprehensif, terintegrasi, terkelola secara efektif, efisien, aman, dan handal serta rendah resiko. Bank Indonesia telah mengembangkan suatu sistem settlement berbasis gross dengan koneksi elektronis on-line antara bank-bank komersial dengan Bank Indonesia. Sistem settlement ini dikenal dengan Sistem Bank Indonesia – Real Time Gross Settlement (BI-RTGS). PT. Bank Pembangunan Daerah Jatim, atau lebih dikenal dengan Bank Jatim adalah salah satu bank peserta sistem BI-RTGS. Meskipun sistem BI-RTGS telah menggunakan sistem dengan teknologi tinggi, tetapi masih terdapat resiko dalam pengoperasiannya. Diperlukan suatu prosedur yang baik serta ketelitian dalam pengoperasian sistem BI-RTGS tersebut. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme sistem transfer melalui sistem BI-RTGS pada PT. Bank Jatim Cabang Blitar. Metode pemecahan masalah yang dilakukan penulis yaitu dengan menjabarkan penentuan gangguan yang terjadi pada sistem BI-RTGS, pengujian terhadap mekanisme transfer dana melalui sistem BI-RTGS, serta pengukuran dampak sistem BI-RTGS terhadap pengendalian intern.
Pada sebuah sistem pasti terdapat gangguan dalam pelaksanaannya. Dalam sistem BI-RTGS juga terdapat beberapa gangguan yang bisa mengganggu kelancaran transaksi transfer yaitu, gangguan pada RCC, gangguan pada lokal RT Server, gangguan pada System Telephone Otomat (STO) atau Line Komunication, Back Up tidak berfungsi, dan Business Continuity Plan. Pengujian terhadap mekanisme transfer dana melalui sistem BI-RTGS penting karena baik tidaknya suatu mekanisme menentukan kelancaran sistem tersebut. Dampak suatu sistem perlu diperhatikan, apakah sistem tersebut berdampak positif atau negatif terhadap perusahaan tersebut.
Dalam penulisan Tugas Akhir ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan sistem BI-RTGS pada Bank Jatim Cabang Blitar pada umumnya sudah baik. Penentuan gangguan yang terjadi pada sistem BI-RTGS telah sesuai dengan Surat Edaran No. 2/24/DASP Jakarta, 17 November 2000 sehingga dapat melakukan pencegahan terjadinya gangguan. Mekanisme transfer dana melalui sistem BI-RTGS pada Bank Jatim Cabang Blitar sudah baik, sesuai dengan Surat Edaran No. 2/24/DASP Jakarta, 17 November 2000 dan buku pedoman pelaksanaan aktivitas BI-RTGS yang dikeluarkan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, sistem BI-RTGS berdampak positif terhadap sistem pengendalian intern Bank Jatim Cabang Blitar.