SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Menjadi Guru, Self Efficacy, Penguasaan Mata Kuliah Keilmuan Dan Kependidikan Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi Pada Kajian Praktek Lapangan (KPL)

Tamara Sari Ayu

Abstrak


ABSTRAK

Tamara Sari, Ayu. 2018. Pengaruh Minat Menjadi Guru, Self Efficacy, Penguasaan Mata Kuliah Keilmuan Dan Kependidikan Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi Pada Kajian Praktek Lapangan (KPL). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo S.E., M.Si., Ak.

Kata kunci: Minat Menjadi Guru, Self Efficacy, Penguasaan Mata Kuliah Keilmuan dan Kependidikan, Kesiapan Mengajar Mahasiswa

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh minat menjadi guru, self efficacy, penguasaan mata kuliah keilmuan dan kependidikan terhadap kesiapan  mengajar mahasiswa prodi S1 pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang. Popuasipnelitianiniadalah mahasiswa prodi S1 pendidikan akuntansi universitas negeri malang yang berjumlah 140 mahaiswa dengan sampel sebesar 104 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode expo facto.teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik,dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat menjadi guru berpengaruh positif terhadap kesiapan mengajar mahasiswa dengan tingkat sig. yaitu .000 < 0,05  artinya semakin tinggi minat  maka kesiapan mengajar yang dimiliki juga tinggi. Self efficacy  berpengaruh positif terhadap kesiapan mengajar dengan sig. .000 < 0.05, yang berarti semakin tinggi self efficacy yang dimiliki mahasiswa maka kesiapan mengajar tersebut juga tinggi. Variabel penguasaan mata kuliah keilmuan dan kependidikan berpengaruh positif terhadap kesiapan mengajar mahasiswa dengan sig. 0.006 < 0.05, artinya jika mahasiswa memiliki penguasaan yang tinggi dalam mata kuliah keilmuan dan kependidikan maka kesiapan mengajar yang dimiliki juga tinggi.

Berdasarkan hasil tersebut disaranakan;

(1) bagi pendidik untuk dapat membantu mahasiswa dalam pembentukan minat, self efficacy, dan penguasaan mata kuliah,

(2) bagi mahasiswa pendidikan untuk dapat mengetahui pentingnya minat menjadi guru, self efficacy, dan penguasaan mata kuliah,

 

(3) bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menjabarkan secara detail penelitian ini.