SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Makna Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Sejahtera Usaha Bersama Jombang

Amrulloh David

Abstrak


ABSTRAK

Amrulloh, David. 2018. Makna Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Sejahtera Usaha Bersama Jombang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.pd, M.SA.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Kewajiban, Kesadaran.

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal, berkontribusi untuk peningkatan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup para stakeholder. Diera modern sekarang prioritas tidak lagi milik shareholder saja, melainkan kesejahteraan terhadap stakeholder menjadi tanggungjawab yang diprioritaskan oleh perusahaan. Munculnya Undang-Undang No. 40 tahun 2007tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan Undang-Undang No.25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (UUPM) menandai dimulainya pengaturan CSR di Indonesia. Konsep CSR yang tertuang dalam UUPM dan UUPT tersebut akan dilihat pada PT.Sejahtera Usaha Bersama Jombang. Sebagai suatu perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri khususnya kayu lapis. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap maknaCorporate Social Responsibility (CSR) dari sudut pandang manajemen PT.SUB secara mendalam dan menyeluruh. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi dan menggunakan teknik analisis data milik Husserl, dengan tahapan epoche, reduksi fenomenologi, variasi imajinasi,sintesis makna dan esensi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara mendalam untuk menggali kesadaran individu dengan pertanyaan-pertanyaan semi terstruktur. Hasil penelitian ini menemukan dua sudut pandang mengenai makna CSR pada PT.SUB Jombang. Pertama, CSR dimaknai sebagai kewajiban yaitu dalam bentuk kepatuhan terhadap peraturan. Kedua, CSR dimaknai sebagai kesadaran yaitu dalam bentuk kesadaran perusahaan tumbuh dan berkembang ditengah-tengah lingkungan masyarakat, dan kesadaran bahwa CSR sebagai amal atau shodaqoh.

 

SUMMARY

Amrulloh, David. 2018. The Meaning of Corporate Social Responsibility (CSR) at PT. Sejahtera Usaha Bersama Jombang. Sarjana’s Thesis, Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Sulastri, S.pd, M.SA.

Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Obligations, Awareness.

Corporate Social Responsibility (CSR) is a business commitment to act ethically, operate legally, contribute to economic improvement and improve the quality of life of stakeholders. In the modern era, the priority is no longer the property of shareholders, but the welfare of the stakeholders is a responsibility prioritized by the company. The emergence of Law No. 40 of 2007 concerning Limited Liability Company (UUPT) and Law No.25 of 2007 concerning Investment (UUPM) marked the commencement of CSR arrangements in Indonesia. The concept of CSR contained in the UUPM and UUPT will be seen in PT. Sejahtera Usaha Bersama Jombang. As a private company that engaged in industry, especially plywood. This study aims to uncover the meaning of Corporate Social Responsibility (CSR) from the point of view of the management of PT.SUB in-depth and comprehensively. This type of research is qualitative with phenomenology method and uses Husserl's data analysis techniques, with epoche stages, phenomenological reduction, imagination variations, synthesis of meaning and essence. Data collection in this study uses the method of observation, interviews, and documentation. Interviews are conducted in depth to explore individual awareness with semi-structured questions. The results of this study found two perspectives on the meaning of CSR at PT. SUB Jombang. First, CSR is defined as an obligation that is in the form of compliance with regulations. Second, CSR is interpreted as awareness, namely in the form of awareness of the company growing and developing in the midst of the community environment, and the realization that CSR is a charity and shodaqoh.