SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Persepsi Pengaruh Sosialisasi Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Dimensi Keadilandalam Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang Terdaftar pada KPP Pratama Kediri.

gandisha febi pahlevi

Abstrak


RINGKASAN

Pahlevi, Gandisha F. 2019. Studi Persepsi Pengaruh Sosialisasi Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Dimensi Keadilandalam Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang Terdaftar pada KPP Pratama Kediri. Skripsi, JurusanAkuntansi, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. DodikJuliardi, S.E, M.M., Ak.

Kata kunci :Sosialisasi,Kesadaran, Sanksi, Keadilan, Kepatuhan, Pajak UMKM.

Penelitianinibertujuanuntukbertujuanmendeteksisignifikansipengaruhsosialisasi pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, sanksi perpajakan, dan dimensi keadilandalam perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kepatuhan wajib pajak dapat didefinisikan sebagai kemampuan serta kemauan seorang wajib pajak untuk memenuhi segala kewajiban perpajakan yang melekat dalam dirinya. Hal ini juga berhubungan dengan disiplin dan motivasi pada diri seorang wajib pajak untuk membayarkan kewajiban pajaknya pada negara. Pemilihantiap-tiapvariabeldidasarkanpadateorikeperilakuanatauTheory of Planned Behaviouryang dikemukakanolehAjzen (1991)yang mana teori tersebut terdiri atas tiga hal yaitu behaviour beliefs, normative beliefs, dan control beliefs yang menghasilkansebuahniat (intention)untukberperilaku (behaviour intention).Perilaku yang diharapkandisiniberupakepatuhanberpajakpadadiriindividuwajibpajak.

Penelitianinimenggunakansampeldaripelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdaftar di KPP Pratama Kediri tahun 2018, denganjumlahsampelsebanyak57WajibPajak yang memenuhikriteriasampel yang ditentukanmelaluimetodepurposive sampling. Penelitianinidilakukandenganmetodekuantitatifdanmetodeanalisis yang digunakanadalahpengujianregresi linear berganda.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaempatvariabelberupapengaruhsosialisasi pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, sanksi perpajakan, dan dimensi keadilandalam perpajakanberpengaruhpositifsignifikanterhadapkepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saran untukpenelitianselanjutnyaadalahmenambah variabel independen sehingga dapat ditemukan variabel baruyang bisa menjadi faktor yang akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak, menggunakan teknik wawancara sebagai metode pengumpulan data, danmenambah jumlah sampel yang bisa dijadikan sebagai responden agar hasilpenelitianlebihakurat.