SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Prestasi Akademik Mahasiswa Bekerja Part-Time

Tika Devi Saraswati

Abstrak


ABSTRAK

Saraswati, Tika Devi. 2018. “Analisis Prestasi Akademik Mahasiswa Bekerja Part-Time”. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: Prestasi Akademik, Bekerja part-time

Mahasiswa adalah peserta didik yang sudah melewati beberapa jenjang pendidikan sehingga nantinya mampu menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan professional. Berdasarkan pengamatan, ditemukan mahasiswa yang tidak hanya fokus pada kuliah saja, tetapi juga bekerja part-time, sehingga fokus mahasiswa tidak hanya dalam bidang akademik, akan tetapi mahasiswa juga harus fokus pada pekerjaan. Kuliah sambil bekerja bukanlah suatu hal yang baru, alasan utamanya adalah terkait dengan finansial yakni memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus meringankan beban keluarga. Alasan lainnya adalah untuk mengisi waktu luang disela-sela perkuliahan, ingin hidup mandiri agar tidak ketergantungan dengan orang tua, dan mencari pengalaman. Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dituntut untuk bisa membagi waktu yang digunakan antara kuliah dan bekerja. Hal ini akan berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa menjadi tidak stabil.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus menurut Yin tahun 2009. Subjek peneilitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013 dan 2014. Teknik pengumplan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahap (1)Pengumpulan Data; (2) Reduksi Data; (3)Penyajian Data; (4) Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi akademik mahasiswa setelah bekerja part-time ditinjau dari Indeks Prestasi Akademik (IPK) mengalami penurunandisebabkan oleh faktor kelelahan, sulit membagi waktu, terlalu fokus bekerja dan kurang motivasi. Mahasiswa yang bekerja part-time sulit membagi waktu untuk belajar, mengerjakan tugas dan bekerja. Namun, ketika mahasiswa bekerja part-time berdasarkan hati nurani, minat dan kesenangannya maka hal itu tidak akan mengganggu kewajibannya sebagai mahasiswa. Ditinjau dari waktu tempuh studi dapat diketahui bahwa dua mahasiswa menempuh delapan semester dan dua mahasiswa menempuh lebih dari delapan semester. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa mahasiswa tetap memprioritaskan kuliah sebagai upaya untuk mempertahankan prestasi akademik yang baik.Ketika mahasiswa mampu membagi waktu dengan baik antara kuliah dan bekerja, maka prestasi akademiknya akan bagus. Namun sebaliknya, ketika mahasiswa tidak memiliki skala prioritas dan tidak membagi waktu dengan baik, maka prestasi akademiknya akan turun. Saran dari peneliti yaitu pada saat mahasiswa memutuskan untuk bekerja part-time maka mahasiswa harus dapat membuat skala prioritas dan membagi waktu.