SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PROKRASTINASI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG (Ditinjau dari Teori Perkembangan Prokrastinasi Akademik)

Abrianto Satria Yudhantara

Abstrak


ABSTRAK

Satria, Abrianto. 2018. Analisis Prokrastinasi Mahasiswa Jurusan Akuntansi dalam Penyelesaian Skripsi di Universitas Negeri Malang (Ditinjau dari Teori Perkembangan Prokrastinasi Akademik). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Sriyani Mentari, S.Pd, M.M

Kata Kunci : Prokrastinasi, Teori Psikodinamik, Teori Behavioristik, Teori Kognitif dan Behavioristik – Kognitif

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana prokrastinasi akademik dapat terjadi kepada mahasiswa Jurusan Akuntansi dalam penyelesaian skripsi di Universitas Negeri Malang ditinjau dari teori perkembangan prokrastinasi akademik.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer berupa wawancara dengan mahasiswa dan dosen pembimbing, sedangkan data sekunder meliputi data mahasiswa angakatan 2011, 2012, dan 2013 jurusan akuntansi yang masih aktif. Penelitian menggunakan metode wawancara semistruktur, yaitu wawancara yang dilakukan secara lebih bebas bila dibandingkan dengan wawancara terstruktur. Tujuan dari wawancara jenis ini adalah untuk menemukan permasalahan yang lebih terbuka dimana pihak yang diwawancara diminta pendapatnya. Analisis data yang digunakan dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan/verifikasi.

 

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa teori kognitif – behavioristik sangat mempengaruhi prokrastinasi yang dialami oleh mahasiswa. Terdapat bermacam-macam penyebab yang mempengaruhi pola piker mahasiswa, diantaranya lemahnya motivasi yang dimiliki mahasiswa, takut dosen pembimbing, mengikuti perkuliahan, dosen pembimbing sibuk, sifat santai dalam mengerjakan skripsi, dan apresiasi diri yang berlebihan.