SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Pada Perusahaan yang Listing di National Center Of Sustainability Report periode 2012-2015)

Intan Rafidah Ilmiati

Abstrak


ABSTRAK

Ilmiati, Intan Rafidah. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Perusahaan terhadap Pengungkapan Sustainability Report Pada Perusahaan yang Listing di National Center Of Sustainability Report Periode 2012-2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci : sustainability report, good corporate governance, kinerja keuangan

                        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komite audit, kepemilikan manajerial, return on assets dan debt to equity ratio terhadap pengungkapan sustainability report. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang listing di National Center of Sustainability Report (NCSR) tahun 2012 – 2015 sebanyak 57 perusahaan dan sejumlah 8 perusahaan dijadikan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi pada data laporan keuangan dan annual report yang terdapat di website masing-masing perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa, debt to equity ratio berpengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan komite audit, kepemilikan manajerial, dan retrun on assets tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report.