SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR UNTUK KELAS X SMK TAMAN SISWA KEPANJEN MALANG

Maha Putra Utama

Abstrak


ABSTRAK

Utama, Maha Putra. 2018. Pengembangan Media PembelajaranInteraktifBerbasis Flash Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk SiswaKelas X SMK Taman SiswaKepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi,Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd.,M.Pd.

Kata Kunci:Media PembelajaranInteraktif, Adobe Flash CS6, Research & D

evelopment, Borg and Gall.

Media pembelajaraninteraktifmerupakansalahsatukomponenpembelajaran yang mempunyaiperananpentingdalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media seharusnyamerupakanbagian yang harusmendapatperhatian guru dalamsetiapkegiatanpembelajaran.Olehkarenaitu guru perlumempelajaribagaimanamenetapkan media pembelajaran agar dapatmengefektifkanpencapaiantujuanpembelajarandalam proses pembelajaran. Penelitianinidilakukan di SMK Taman SiswaKepanjen Malang, khususnyapadamatapelajaranakuntansidi jurusanakuntansikeuangan, karenaterdapatpermasalahan yang berkaitandengan proses pembelajaran. Masalahnyayaitupadasaat proses pembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramah, sehinggasiswamasihcenderungpasifdannilaiujian rata-rata kurangdaristandarkelulusanmatapelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkan media pembelajaraninteraktif Adobe Flash CS6 bagisiswakelas X Akuntansi SMK Taman SiswaKepanjen Malang.Penelitianinijugabertujuanuntukmengetahuikelayakandanefektivitaspenggunaanterhadap media pembelajaraninteraktifdenganbantuanAdobe Flash CS6.

Penelitian yang dilakukan di SMK Taman SiswaKepanjen Malanginitermasukjenispenelitianpengembangandenganmenggunakan model research and development Borg dan Gall yang telahdimodifikasi, yaitu:(1) PengumpulanInformasi, (2) PerancanaanProduk, (3) PembuatanProduk, (4) ValidasiAhli, (5) UjiCobaAwal, (6) RevisiProdukAwal, (7) UjiCobaAkhir, (8) RevisiProdukAkhir.Berdasarkanhasilpenilaiandariahli media, ahlimateri, danujicobapengguna, hasiltersebutmenunjukkan 86,25 % untukahli media, 91,25% untukahlimateridan 96,25% untukujicobapengguna, darihasiltersebutdidapatkanhasilkeseluruhansebesar 92,73%darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamedia pembelajarantelahmemenuhikriteria valid danlayakdigunakan, serta media pembelajaranmampumeningkatkanhasilbelajar yang dapatdilihatdariperbandinganpeningkatannilaipre testdanpost testmasing-masingsebesar64.69dan 87,93.

 

Kesimpulanhasilpenelitianinibahwa media pembelajaranlayakdanefektifdigunakanuntuksiswadandapatmanjadi saranbagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitiantentangpengembangan media baikvisual,audio, maupunaudio visualpadapengajaranmatapelajaran yang samaataumatapelajaranlainnya di tempat yang berbedauntukmengembangkan media pembelajaran yang kreatifdaninovatifdalam proses kegiatanbelajarmengajar.