SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pertimbangan Moral Terhadap Plagiarisme Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang

Romy Purbanata

Abstrak


ABSTRAK

Purbanata, Romy. 2018. PengaruhPertimbangan Moral Terhadap Plagiarisme Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi, JurusanAkuntansi, FakultasEkonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing :DudungMa’rufNuris, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci :Perimbangan Moral, Plagiarisme, dan MahasiswaAkuntansi

Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhpertimbangan moral terhadap plagiarisme dalam menyelesaikan tugas akhir skripsipada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksplanatif. Populasipenelitianadalahmahasiswa program studipendidikanakuntansiangkatan 2015 di Universitas Negeri Malang sejumlah 155mahasiswadengansampelpenelitiansejumlah 112mahasiswa yang diperolehmelaluiteknikproportional random sampling. Jenis data untukvariabelPertimbangan Moral dan Plagiarismemenggunakan data primer yang diukurmenggunakankuesioner. Teknik analisis data yang digunakanadalahanalisisregresi linier sederhana.

Hasil penelitianmenunjukkanpertimbangan moralberpengaruhnegatifsignifikanterhadapplagiarismedengantingkatsig. yaitu 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan peranan penting pertimbangan moral terhadap plagiarismedimana menjelaskanpertimbangan moral berbanding terbalik dengan plagiarisme. Sehingga, dapatdisimpulkanbahwasemakin tinggi pertimbangan moral seorang mahasiswa maka tingkat plagiarisme yang dilakukan akan semakin rendah, sebaliknya semakin rendah pertimbangan moral seorang mahasiswa maka tingkat plagiarisme yang dilakukan akan semakin tinggi.  Besarpengaruhpertimbangan moralterhadapplagiarismeadalahsebesar52%, sedangkansisanyadipengaruhi oleh variabelindependenlain.

 

Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagi peneliti selanjutnya untuk memperluassubjekpenelitian, tidakhanyaterbatas pada mahasiswa Prodi S1 pendidikanakuntansisajatetapi juga pada mahasiswa Prodi lain di FakultasEkonomiUniversitas selain itu disarankan untuk memperkaya sumber buku refrensi dan tidak hanya bergantung kepada perpustakaan di internal kampus namun juga diharapkan bisa memperoleh buku lain dan memperbanyak sumber bacaan terkait dan bagi mahasiswa yang telah memiliki Pertimbangan Moral yang tinggi dan mampu menghindari tindakan plagiarisme diharapkan bukan hanya menerapkan hal tersebut didalam perkuliahan namun juga mampu menerapkan hal tersebut dalam dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat.