SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP), dan Opini Audit tahun sebelumnya terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern oleh Auditor

Eli Fayani

Abstrak


RINGKASAN

Opini audit going concern adalahopini yang dikeluarkan oleh auditor untuk mengevaluasi apakah terdapat kesangsian besar terhadap kemampuan perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.Opini ini merupakan suatu peringatan awal yang dikeluarkan oleh auditor untuk memastikan apakah perusahaan akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam jangka waktu yang telah ditentukan yaitu dua belas bulan ke depan.Apabila terdapat keraguan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka auditor berhak mengeluarkan opini audit going concern yang akan dicantumkan pada paragraf penjelas atau pada paragraf pendapat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap opini audit going concern, (2) Pengaruh reputasi kantor akuntan publik terhadap opini audit going concern, (3) Pengaruh opini audit tahun sebelumnya terhadap opini audit going concern pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 38 perusahaan dari 54 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016, sehingga data penelitian yang dianalisis berjumlah 114. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi logistik.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,833. (2) Reputasi kantor akuntan publik berpengaruh terhadap opini audit going concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sama dengan 0,05 yaitu 0,050. (3) Opini audit tahun sebelumnya berpengaruh terhadap opini audit going concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,0.