SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Mata Pelajaran Spreadsheet Berbasis Kontekstual Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa SMK Kelas X Akuntansi

Lia Tristyawati

Abstrak


RINGKASAN

Mata pelajaran spreadsheet adalah mata pelajaran C2 (dasar program keahlian) yang wajib diajarkan oleh guru SMK dengan menggunakan aplikasi oftwere Micrososft Excel pada bidang keahlian akuntansi. Sesuai dengan tujuan Sekolah Menengah Kejuruan yang menyiapkan lulusan untuk siap memasuki dunia kerja maka diperlukan pembelajaran spreadsheet yang inovatif untuk membekali siswa tidak hanya dengan pengetahuan tetapi juga keterampilan sebagai bekal hidup (life skill) untuk terjun dan bersaing dalam dunia kerja. Oleh karena itu, pembelajaran kontekstual dirasa tepat mewakili hal tersebut. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam upaya penerapannya ini dapat diwujudkan dalam bentuk bahan ajar yaitu modul. Modul mata pelajaran spreadsheet berbasis kontekstual dengan penyajian contoh perusahaan yang riil dan contoh bukti transaksi yang sering digunakan berguna untuk melatih kemampuan siswa sesuai kondisinyata (riil) dan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul mata pelajaran spreadsheet berbasis kontekstual materi siklus akuntansi perusahaan jasa untuk siswa SMK kelas X Akuntansi yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Tahap penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan,  (3) pengembangan produk, (4) validasi produk/ujicoba awal, (5) revisi produk hasil validasi/uji coba awal, (6) uji coba lapangan kelompok kecil, (7) revisi produk hasil uji coba lapangan kelompok kecil, (8) uji coba lapangan/kelas, (9) revisi produk akhir. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi ahli dan uji coba pengguna dianalisis menggunakan analisis deskripsi persentase. Data kualitatif berupa kritik, saran dan pendapat dari validator digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap modul yang dikembangkan. Validasi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala Likert.

Produk akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah modul mata pelajaran spreadsheet berbasiskontekstual yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasatkan hasil analisis keseluruhan validasi diperoleh rata-rata persentase secara keseluruhan 91,23% yang berarti sangat valid. Berdasarkan uji Paired Sample t-Test menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa modul mata pelajaran spreadsheet berbasis kontekstual layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran spreadsheet. Saran kepada pengembang selanjutnya yaitu untuk mengembangkan produk dengan materi akuntansi yang lain seperti perusahaan dagang atau perusahaan manufaktur.