SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Komik Online pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi I

Vivi Amelia Putri

Abstrak


RINGKASAN

Putri, Vivi Amelia. 2018. Pengembangan Komik Akuntansi Online Pada Mata Kuliah  Pengantar Akuntansi 1. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd, M.SA

 

Kata Kunci: Komik Akuntansi, Komik Online, Pengantar Akuntansi 1.  

Media memiliki peranan dan fungsi penting dalam pembelajaran. Media yang tepat akan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Berdasarkan observasi awal terdapat berbagai permasalahan dalam pengunaan media dalam mata kuliah pengantar akuntnasi 1. Permasalahan yang ada diantaranya yaitu pemanfaatan media yang terbatas ppt dan penggunaan media yang menggunakan bahasa inggris. Hal tersebut membuat mahasiswa kesulitan untuk memahami materi dan merasa kurang tertarik untuk belajar. Untuk itu diperlukan inovasi dalam media pembelajaran yang dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media yang menarik serta mudah untuk diakses. Media yang dapat dikembangkan salah satunya yaitu komik online. Komik online adalah media untuk menyampaikan materi melalui perpaduan gambar dan teks untuk menarik pembaca, yang diunggah melalui internet sehingga dapat diakses   siapapun. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu komik akuntansi online pada mata kuliah pengantar akuntansi 1. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik akuntansi online pada mata kuliah pengantar akuntansi 1.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualittatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket tertutup oleh ahli media, ahli materi dan pengguna. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar dari angket terbuka. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase untuk data kuantitatif, dan analisis deskriptif untuk data kulitatif dari saran dan komentar yang diperoleh.

Berdasarkan hasil validasi, komik akuntansi online memperoleh persentase ahli media sebesar 95,7%, ahli materi sebesar 77%, dan pengguna sebesar 82,7%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa komik akuntansi online pada mata kuliah pengantar akuntansi 1 valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Beberapa saran pengembangan guna kesempurnaan produk lebih lanjut yakni penambahan materi yang lebih luas dan alur cerita yang lebih bervariasi. Serta perlu dilakukan uji coba produk, sehingga dapat diketahui tingkat efektifitas produk media pembelajaran.