SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan di Indonesia

Helmi Habibur Rohman

Abstrak


RINGKASAN

Rohman, Helmi Habibur. 2018. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan di Indonesia. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

 

Kata kunci: Intellectual capital, nilai perusahaan, perbankan Indonesia

Laporan keuangan dinilai penting karena digunakan sebagai salah satu pertimbangan pengambilan keputusan. Berkurangnya relevansi laporan keuangan yang terlihat dari perbedaan antara nilai pasar dan nilai buku menandakan adanya informasi yang belum dimasukkan. Tujuan utama penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing komponen intellectual capital (human capital, customer capital, innovation capital, process capital) terhadap nilai perusahaan perbankan di Indonesia. Resources-based theory digunakan sebagai landasan bahwa terbentuknya nilai perusahaan berfokus pada sumber daya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa human capital berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan perbankan di Indonesia. Sedangkan variabel lainnya yaitu customer capital, innovation capital, dan process capital tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa komponen di dalam intellectual capital mempunyai kontribusi yang berbeda-beda terhadap pembentukan nilai perusahaan perbankan di Indonesia.