SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dan Pengungkapan Penuh Laporan Keuangan (full disclosure of financial statement) Terhadap Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahu

Agus Tristanto

Abstrak


ABSTRAK

Tristanto, Agus. 2010. Pengaruh Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dan Pengungkapan Penuh Laporan Keuangan (full disclosure of financial statement) Terhadap Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2006-2008. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing : (I) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si., Ak. (II) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Full Disclosure, Harga Saham

 

           

Sejalan dengan kemajuan sosial dan meningkatnya pertanggungjawaban publik oleh perusahaan. Akuntabilitas dan transparansi perusahaan sangat diperlukan. Hal ini terbukti dengan munculnya stakeholder theory dan enterprise theory. Kedua teori ini berpandangan bahwa keberadaan perusahaan tidak hanya untuk memaksimumkan kekayaan pemilik perusahaan, tetapi juga untuk melayani kepentingan stakeholders, seperti para karyawan, pemasok, pemerintah, dan masyarakat. Pengungkapan corporate social responsibility yang dijadikan sebagai suatu wujud pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari aktivitas operasi perusahaan, serta pengungkapan laporan keuangan yang dijadikan sebagai suatu pertanggungjawaban financial perusahaan dalam laporan tahunan. Keduanya telah menjadi perhatian publik sebagai alat pertanggungjawaban dan pertimbangan yang esensial bagi investor dan stakeholders. Respon positif atas pengungkapan tersebut salah satunya diapresiasikan dengan kenaikan harga saham.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan pengungkapan penuh laporan keuangan terhadap harga saham. Pengungkapan corporate social responsibility diukur dengan menggunakan skor hasil survei yang dicapai perusahaan dalam Corporate Social Responsibility Index (CSRI). Pengungkapan penuh laporan keuangan diukur dengan menggunakan skor indeks pengungkapan penuh. Sedangkan untuk harga saham dilihat dari harga penutupan (close price) saham tahun 2009.

            Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2006-2008. Dari populasi tersebut, kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian. Dalam penelitian ini terdapat 30 perusahaan sampel yang listing di Bursa Efek Indonesia selama periode 2006-2008.

            Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengungkapan CSR berpengaruh terhadap harga saham. Untuk pengungkapan penuh laporan keuangan berdasarkan penelitian ini tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan keduanya berpengaruh hanya sebesar 0,3% terhadap harga saham. Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penambahan variabel independen. Kemudian memperluas sampel serta menambah periode penelitian.