SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Refensi Jurnal Dalam Mengerjakan Skripsi Mahasiswa Akuntansi

Agil Wahyudi

Abstrak


RINGKASAN

 

Wahyudi, Agil. 2018. Analisis Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Refensi Jurnal Dalam Mengerjakan Skripsi Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci: referensi, jurnal, mahasiswa.

Kemunculan publikasi jurnal elektronik menggeser keberadaan referensi lainnya seperti jurnal cetak, buku bacaan, dan majalah yang biasanya digunakan untuk referensi dalam penyusunan skripsi oleh mahasiswa. Tingginya penggunaan referensi jurnal dijurusan Akuntansi, hal tersebut dibuktikan berdasarkan dari 10 informan yang disarankan oleh dosen pembimbing, diperkuat dengan adanya bukti daftar rujukan yang menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut merujuk jurnal sebagai acuan dalam mengerjakan skripsi. terbukti hanya 1 dari 10 informan yang menggunakan referensi jurnal yang sudah dilanggan perpustakaan UM. Mengingat jurnal yang sudah dilanggan perpustakaan pusat UM cukup memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan referensi jurnal dalam pengerjaan skripsi mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana mahasiswa akuntansi memanfaatkan referensi jurnal untuk mengerjakan skripsi dan menganalisis bagaimana mahasiswa akuntansi memanfaatkan referensi jurnal untuk mengerjakan skripsi.

Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa dalam menggunakan jurnal sebagai bahan acuan penelitian. Data yang diperoleh dari peneliti berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 3 informan kunci dan 4 informan pendukung. Lokasi penelitian dilakukan di fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang.

 

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memanfaatkan referensi jurnal atas dasar saran dosen, kebutuhan, relevansi, dan kualitas informasi yang tersedia. Referensi jurnal memegang peranan penting dalam penyusunan skripsi, hat tersebut dikarenakan jurnal mengandung informasi mengenai penelitian terdahulu yang sudah valid dan dapat dipercaya keabsahannya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mayoritas mahasiswa akuntansi menggunakan jurnal karena saran dosen yang mengharuskan untuk menggunakan jurnal, kebutuhan akan referensi secara faktual, dan kualitas informasi yang berkualitas.