SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Computer Anxiety, Computer Self-Efficacy Dan Perceived Usefulness Terhadap Minat Pelaku UMKM Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Akuntansi

Rena Widiyasari

Abstrak


RINGKASAN

 

Widiyasari, Rena. 2018.  Pengaruh Computer Anxiety, Computer Self-Efficacy Dan Perceived Usefulness Terhadap Minat Pelaku UMKM Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Bety Nur Achadiyah S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci: Computer Anxiety, Computer Self-Efficacy, Perceived Usefulness, Minat, pelaku UMKM.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi menuntut para pelaku bisnis untuk siap dan mampu untuk mengikuti perkembangan tersebut termasuk dalam menjalankan kegiatan akuntansi agar tidak tertinggal dalam pasar persaingan. Namun sayangnya pada perusahan berskala kecil seperti UMKM, minat penerapan teknologi informasi akuntansi masih sangatlah rendah. Untuk itu, penelitian ini akan menguji minat pelaku UMKM terhadap penggunaan teknologi informasi akuntansi dengan adanya pengaruh dari computer anxiety, computer self-efficacy, dan perceived usefulness. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa computer anxiety berpengaruh negatif terhadap minat pelaku UMKM dalam menerapkan teknologi informasi akuntansi, karena tingginya rasa takut dan rendahnya rasa antisipasi akan semakin mengurangi minat. Sedangkan, variabel computer self-efficacy dan perceived usefulness berpengaruh positif terhadap minat pelaku UMKM dalam menerapkan teknologi informasi akuntansi. Dengan adanya hasil ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM untuk menerapkan teknologi informasi akuntansi dalam usahanya.