SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan yang Terdaftar dalam LQ45 BEI Tahun 2015-2017.

Tahtania Asaheliska Dinata

Abstrak


RINGKASAN

Dinata, Tahtania Asaheliska. 2018. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak dan Profitabilitas terhadap Manajemen  Laba pada Perusahaan yang Terdaftar dalam LQ45 BEI Tahun 2015-2017. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta S.E., M.M., Ak., CA

Kata Kunci: Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, Profitabilitas, Manajemen Laba

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beban pajak, perencanaan pajak dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Pengukuran  manajemen laba yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan pendekatan model Stubben (2010). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan purposive sampling tersisa sebanyak 29 perusahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Beban pajak tangguhan memiliki pengaruh positif dan signifikan; (2) Perencanaan pajak secara parsial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba; (3) Profitabilitas secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba. Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan studi, serta dapat memberikan masukan dalam membuat keputusan investasi, terutama yang terkait dengan pengaruh Manajemen Laba.