SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015)

Ariesta Azaria

Abstrak


RINGKASAN

 

Azaria, Ariesta. 2018. Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, FakultasEkonomi, Universitas Negeri Malang. Pebimbing: SriyaniMentari, SPd, M.M.

Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, calon guru.

Dalam penerapan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru di lapangan  tidak selalu berjalan maksimal sebagaiana mestinya. Banyak terdapat faktor yang mempengaruhi mahasiswa calon guru untuk dapat menerapkan kompetensinya secaramaksimal. Padahal seharusnya mahasiswa calon guru ketika melaksanakan KPL harus siap menghadapi segala permasalahan yang akan dihadapi di lapangan dengan segala kompetensi yang di miliki. Tetapi tidak semua mahasiswa calon guru akuntansi merasa telah dapat menerapkan kompetensi pedagogiknya secara maksimal pada saat pelaksanaan KPL. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan kompetensi pedagogik mahasiswacalon guru akuntansi pada saat pelaksanaan KPL.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian initermasuk jenis  penelitian studi kasus. Pada saat pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SMKN 2 Blitar dan SMK CendikaBangsa. Narasumber terdiri dari mahasiswa calon guru akuntansi yang sedang melaksanakan KPL dan pesertadidik jurusan akuntansi.

Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan adalah terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan kompetensi pedagogik mahasiswacalon guru akuntansi. Lingkungan KPL seperti lingkungan sekolah dimana ketersediaan sarana dan prasarana, interaksi antar rekan KPL, serta karakteristik peserta didik turut mempengaruhi penerapan kompetensi pedagogik mahasiswa. Selain itu relasi mahasiswa calon guru dengan guru pamong dalam bentuk bimbingan ketika pelaksanaan KPL juga mempengaruhi penerapan kompetensi mahasiswa. Guru pamong yang memberikan bimbingan penuh dapat menyebabkan inisiatif mahasiswa calon guru kurangberkembang, menibulkan kecemasan mahasiswa, tetapi juga menimbulkan motivasi mahasiswa untuk melaksanakan tugas secara maksimal. Guru pamong yang kurang memberikan bimbingan dapatm memberikan dampak yaitu timbul kemandirian mahasiswa dalam kegiatan pelaksanaan KPL, tanggungjawab, tetapi mahasiswa menjadi kurang termotivasi untuk mengeksplor kompetensi.