SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Financial Distress dan Leverage terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Dyah ayu permatasari

Abstrak


RINGKASAN

 

Laporan keuangan merupakan media informasi yang digunakan oleh pihak internal maupun eksternal yang berisi informasi tentang kegiatan selama tahun operasi bersangkutan, kondisi ekonomis perusahaan, kualitas manajemen dan lainnya yang akan memudahkan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengambil berbagai macam keputusan. Prinsip akuntansi yang bersifat umum memberikan fleksibilitas kepada manajer untuk memilih dan menentukan metode atau estimasi akuntansi yang digunakan dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Salah satunya yaitu dengan menerapkan konservatisme akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan sebagai wujud dari sikap kehati-hatian manajer untuk mengahadapi kondisi bisnis di masa depan yang penuh dengan ketidakpastian.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh financial distress dan leverage terhadap konservatisme akuntansi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2016-2017. Metode penentuan sampel meggunakan metode purposive sampling sehingga sampel yang digunakan yaitu 40 sampel laporan tahunan perusahaan manufaktur. Teknis analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolineritas, model regresi linier berganda, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windowsver 20.00.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial distress berpengaruh positif dan signifikan terhadapkonservatisme akuntansi, sedangkan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi.