SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Manajemen Laba dan Kualitas Audit terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan yang Terdaftar di LQ45 Tahun 2014-2016)

Ninin Triandari

Abstrak


RINGKASAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manajemen laba dan kualitas audit berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanasi. Objek penelitian yaitu perusahaan yang termasuk dalam LQ45 periode 2014 - 2016. Perusahaan yang terdaftar di LQ45 mempunyai tingkat likuiditas yang tinggi dan kapitalisasi pasar yang tinggi serta perusahaan LQ45 dijadikan sebagai standar atas naik dan turunnya harga saham di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian terdiri dari 57 perusahaan dimana perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian sebanyak 29 perusahaan. Adapaun analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) manajemen laba tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (2) kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Adapun keterbatasan dari penelitan ini adalah kurang tepat dalam pengambilan objek penelitian pada indeks LQ45, periode penelitian hanya selama tiga tahun, dan menggunakan satu proksi untuk kualitas audit.Saran penelitian bagi penelitian selanjutnya adalah  untuk melakukan perpanjang rentang waktu, memperluas jumlah sampel penelitian, menggunakan proksi lain untuk kualitas audit, serta menggunakan variabel dependen lain.